Selasa, 13 November 2018

SOAL



UJIAN AKHIR SEMESTER
STIKES SSG yogyakarta
Mata Ujian : Pendidikan Kewarganegaraan
Hari Tanggal :
Pukul :
Pengajar : Isnawan Dwi Parwanto
Waktu : 90 menit
Tipe : OPEN BOOK
Petunjuk:
Kerjakanlah semua soal, jawaban ditulis dengan tinta warna hitam. Jawaban boleh tidak urut asal nomor soal ditulis.
1. Tesis Samuel P. Huntington yang dikenal dengan Clash of Civilization, dalam tesis tersebut Huntington menyatakan terjadinya konflik karena adanya benturan peradaban, apa pendapat saudara?
2. Ancaman terjadanya bencana alam di Indonesia sangat besar salah satunya gunung meletus, hanya saja ancaman gunung meletus dapat diantisipasi lebih dini dengan mengungsikan masyarakat yang tinggal di jalur merah. Apakah kapan gunung meletus dapat diramalkan?
3. Menurut Fisher konflik adalah sebagai hubungan antara dua pihak atau lebih yang memiliki, atau yang merasa memiliki sasaran-sasaran yang satu dengan yang lainnya tidak sejalan. Khalid membagi konflik menjadi 6 perspektif, salah satu diantaranya adalah perspektif politik. Jelaskan pengertian konflik dalam perspektif politik!
4. Konsep Ketahanan Nasional Indonesia mengacu sistem Hamkamrata, salah satu unsur diantaranyanya adalah ketahanan dalam bidang ekonomi, jelaskan apa yang dimaksud dengan ketahanan dalam bidang ekonomi ini!
5. Apabila Pemerintah Indonesia ingin membeli kapal induk untuk alusista agar pertahanan negara semakin kuat apa komentar Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar