Selasa, 06 Oktober 2015

Javanese Tteokbokki Saos Istimewa

Javanese tteokbokki ?? (emang ada??) haha sebenarnya itu cuma nama buatan aku aja sih biar agak kerenan. Padahal aslinya ya bukan tteokbokki beneran karena memang yang dibuat bukan resepnya tteokbokki tapi makanan indonesia yang rasa dan teksturnya mirip – mirip sama tteokbokki. Dan dia adalah CILOG.
Cilog, kalau mendengar nama makanan ini pasti kita udah ga asing lagi ya karena makanan ini sering dijajakan di sekolah – sekolah dan tempat – tempat lainnya karena penjualnya biasanya berjualan keliling. Cilog ini sebenarnya adalah makanan yang sederhana dan biasa, tapi kalo ditanya pasti semua orang suka deh karena rasanya emang enak dan cocok buat cemal cemil.
Cilog biasanya dimakan bersama dengan saos dan kecap, namun uniknya tiap penjual cilog kadang memiliki saos yang berbeda – beda. Ada yang hanya saos saja, ada yang saos bumbu kacang, ada yang saos dicampur ulegkan cabe dan macam saos lainnya yang membuat sensasi rasa cilog jadi berbeda.
Nah, maka dari itu aku pun punya resep saos sendiri dan ternyata resepku ini berhasil (kata teman – temanku enak gitu sih dan bikin ketagihan..alhamdulillah..:D). Kenapa aku coba bikin resep sendiri ? ini ada ceritanya guys. Pertama karena aku emang hobi masak dan suka coba – coba resep baru. Dan kedua, ceritanya waktu itu temanku lagi berkunjung ke rumahku (yah biasa kunjungan rutinan sahabat gitu..xD), tiba – tiba kita kangen pengen makan masakan korea namanya Tteokbokki yang menurut kita itu hampir mirip – mirip rasanya dengan Cilog (hahaha ngarang, tapi emang bener lho..xD) hanya saosnya aja yang berbeda. Karena waktu itu kita males keluar, aku tawarin deh ke temanku untuk aku buatin cilog aja (kan mirip, hehe xD). Aku pun mulai berimajinasi (halahh..xD) gimana supaya cilog yang aku bikin saosnya bisa mirip – mirip seperti saosnya Tteokbokki. Daaan....mulailah aku berexperiment, kita langsung aja ya ke resep dan cara membuatnya.

            Bahan Adonan Cilog :
a.    Tepung terigu 250 gram
b.    Tepung kanji 500 gram
c.    Daun bawang (ambil bagian hijaunya saja)
d.    Daun Seledri
e.    Air secukupnya untuk adonan
f.    Air untuk rebusan adonan ± 2 liter
g.    Minyak goreng 1 sendok makan untuk air rebusan adonan
h.    Garam secukupnya untuk air rebusan adonan

Bahan Bumbu Halus Adonan Cilog :
a.    Kemiri 1 Butir
b.    Bawang putih 3 butir
c.    Merica bubuk
d.    Garam secukupnya

Bahan Saos Istimewa :
a.    Bawang Bombay ½ butir sedang atau bisa diganti bawang merah 5 butir
b.    Cabe rawit merah 3 biji (atau sesuai selera)
c.    Daun bawang (ambil bagian putihnya saja)
d.    Saos indofood extra pedas (biasanya 1 bungkus refill yang kecil)
e.    Saori saos tiram 1 sachet
f.    Kecap manis secukupnya
g.    Minyak goreng untuk menumis (secukupnya)
h.    Air secukupnya

Cara Memasak :
a.    Pertama – tama, biasanya kalau memasak aku racik dan iris - iris dulu semua bahan yang akan aku masak supaya memudahkan nanti ketika proses memasak. Haluskan bahan bumbu halus adonan cilog, kemudian iris semua bahan adonan cilog yang perlu diiris seperti daun bawang dan daun seledri dan juga bahan saos istimewanya.
b.    Setelah semua bahan siap pakai, sebelum membuat adonan terlebih dahulu rebuslah air dalam panci secukupnya untuk merebus adonan cilog yang kita buat. Masukkan 1 sendok minyak dan garam sedikit kedalam air rebusan tersebut. Sehingga tidak akan menunggu lama untuk direbus ketika adonan sudah siap.
c.    Masukkan bumbu cilog yang sudah dihaluskan tersebut kedalam wadah adonan. Tambahkan air secukupnya.
d.    Masukkan tepung terigu dan tepung kanji kemudian diaduk dan diadon.
e.    Tambahkan irisan daun bawang dan daun seledri kedalam adonan. Adon terus hingga adonan menjadi kalis (jika air kurang bisa ditambahkan) dan bisa dibentuk.
f.    Jika air yang direbus sudah mendidih, bentuk adonan menjadi bulat – bulat sedang dan langsung dimasukkan kedalam air rebusan yang sudah mendidih tersebut sampai adonan habis. Tidak masalah adonan menumpuk didalam rebusan air.
g.    Sembari menunggu adonan yang direbus matang, kita mulai membuat saos resep istimewa ala aku.
h.    Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu masukkan irisan bawang bombay/bawang merah. Tumis sampai berbau harum (jangan sampai kering) lalu masukkan irisan cabai rawit merah. Tumis sebentar kemudian masukkan saos indofood extra pedas, saori saos tiram 1 sachet dan kecap manis secukupnya. Aduk – aduk, tambahkan sedikit air sehingga saos tidak terlalu kental. Aduk terus sampai air terlihat sedikit menyusut kemudian masukkan irisan daun bawang (bagian putihnya saja). Aduk sebentar jangan sampai kering daun bawangnya. Matikan kompor dan pindahkan saos kedalam mangkuk saji.
i.      Kembali ke rebusan adonan. Jika adonan sudah mengapung didalam air rebusan itu pertanda bahwa adonan sudah matang. Angkat dan tiriskan adonan yang sudah mengapung tersebut. Beigitu seterusnya sampai semua adonan matang.
j.     Sajikan cilog bersama dengan saos istimewa yang sudah dimasak tadi.


Daan tadaaa.....jadilah Javanese Tteokbokki Saos Istimewa alias Cilog Saos Istimewa, hehehe xD. Ini penampakannya...:))

Javanese Tteokbokki Saos Istimewa Ala aku...xD

Kenapa aku namain Javanese Tteokbokki?? Ya karena seperti yang udah dari awal aku bilang tadi, meskipun mereka berdua mirip tapi resep yang dibuat memang beda dengan resep tteokbokki yang asli. Dan juga kalau pada umumnya tteokbokki korea itu bentuknya memanjang, nah javanese tteokbokki alias cilog ini bentuknya bulat – bulat sesuai sama bentuk cilog yang dijual di Indonesia khususnya jawa pada umumnya, hehehe. Dan ada perbedaan lainnya lagi, kalau tteokbokki saosnya langsung dimasak bersama tteokbokkinya. Sedangkan javanese tteokbokki alias cilog ini saosnya dibuat terpisah, dan untuk cara santapnya bisa dengan dicocol saosnya atau ditaburkan diatas cilognya. That’s all about my javanese tteokbokki saos istimewa alias cilog saos istimewa ala aku ini. Syelamat Mencoba...!!!J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar